features Berita Terkini

Indahnya kebesamaan mengaji tadarrus al qur’an dan mengikuti kajian al qur’an

15 Apr

9
Written by Super User

 

Dalam rangka menambah kuwalitas ibadah romadlon dan memakmurkan musholla Nurul Iman Pengadilan Agama Pati, setiap hari di Musholla Nurul Iman Pengadilan Agama Pati menggelar acara tadarrus Al Qur’an dan tausiyah setiap hari di bukan romadlon tahun ini

Kegiatan ini di ikuti seluruh karyawan/ti PA Pati pada setiap setelah jamaah sholat dhuhur dan setiap peserta di beri kesempataan untuk membaca Al Qur’an secara bergantian sedangkan yang lain pada ikut menyimaknya , dengan harapan   ada saling mengingatkan apabila ada kesalahan membacanya, hal ini merupakan ajang pembelajaran bagi yang kurang memahami nilai ilmu tajwid dan mahrojnya, denban tujuan peningkatan kemampuan bisa lebih baik bacaannya di dalam membaca Al Qur’an , hal tersebut sesuai dengan perintah Allah SWT warottilil qur’ana tartila.

Pada kegiatan tausiyah dilakukan dengan ceramah secara pergantian dengan di pandu pembawa acara dan pada tataran akhir ceramah di berikan hak tanya jawab,sehinga akan menambah pemahaman dan pencerahan bagi peserta. Menurut ibu wail Ketua PA Pati YM ibu Dra.Hj Malihadza,SH,MH, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh karyawan/ti.sehingga menambah pengetahuan dan pembelajaran agar menjadi lebih baik dalam mengamalan ajaran ajaran agamanya, dan Ym. Ibu wakil KPA semoga kegiatan ini dapat istiqomah terus dan perlu di kembangan terus.

Menurut KPA Pati YM. Bapak Drs.H.Tahrir, kegiuatan ini di pilih waktu setelah jamaah sholat dhuhur, agar seluruh karyawan/ti PA Pati bisa mengikuti sholat dhuhur berjamaah bersama-sama di saat istirahat siang dan akan tetep memberikan pelayanan masyarakat setelah jam istiharat sesuai dengan jam kerja .

 


 

Pembukan Gema Ramadhan 1442 H Di Musholla "NURUL IMAN" oleh YM. Bapak Ketua Pengadilan Agama Pati Drs. H. Tahrir

13 Apr

10
Written by Super User

 

GEMA RAMADLAN 1442 H

DI PENGADILAN AGAMA PATI KELAS 1A

 

 

               Dalam rangka memakmurkan dan menyambut RAMADLAN 1442 H ini diPengadilan Agama Pati diselenggarakan gema ramadlon 1442 H yang di pusatkan di Musholla Nurul iman Pengadilan Agama Pati  yang di mulai dari tanggal 13 April sampai tanggal 11 Mei  2021 dengan agenda kegiatan memakmurkan Musholla dengan ibadah ,diantaranya dengan sholat dhuhur berjamaah bersama di lanjutkan  tadarrus al Qur’an bersama yang di bagi 3 klompok jamaah setiap hari Senin, Selasa  dan Rabu, untuk hari Kamis setelah sholat dhuhur berjamaah  dilanjutkan tausiyah kultum di pusatkan di musholla Nurul Iman,  menurut Ketua ta’mir Musholla YM H Abdul Kholiq,SH,MH  usaha memakmjurkan romadlon dengan bedrbagai amal sholeh inik mereupakan pengamalan  hadits Rasul Muhammad, SAW “ MAN QOMA RAMADLANA IMANAN WAHTISABAN GHUFIRO LAHU MA TAQODDAMA MIN AMBIHI .

 

 

              Kegiatan Gema RAMADLAN di buka secara resmi oleh  Ketua Pengadilan Agama Pati , YM bapak Drs,H. Tahrir dan dalam kata sambutannya beliau  mengvatakan kegiatan gema romadlon ini di jadikan  upaya meningkatkan pemahaman  keluarga PA Pati terhadap Al Qur’an dan menghidupkan Kandungan Al qur’an dalam perbuatan keseharian, hal tersebut sebagai upaya meningkatkan  kwalitas keimanan dan keislman karyawan dengan menisbahkan kalao di luar romadlon pada jam istirahat kita gunakan isoma istibarat,sholat dan mencari makan siang, dengan  berbagai masakan untuk raga , sedangkan di bulan romadlon ini kita mencari  tambahan asuan makanan  untuk jiwa atau hati . dengan menambah pencerahan makan untuk  rohani dan akan tetapi setelah selesai dan pada jam pelayanantetap dilanjutkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, seperti biasa baik pelaksanaan sidang dan pelayanan  lain sebagainya.Saat istirahat pukuk 11.30 sampai pukul 12.30 wib.

 

 

              Kegiatan kultum di setiap kamis setelah jamaah sholat dhuhur  ini diikuti karyawan/ti Pengadilan Agama Pati khususnya dan juga pengunjung pengadilan pada  umumnya dengan tausiyah sekitar pengamalan Syariat dan Hukum Islam dalam berkehidupan dan bermasyarakat sebagai warga negara Indonesia. setiap hari gema romadlon ini sudah terjadwal, secara bergiliran baik imam sholat dhuhur berjamaah maupun yang bertugas memberi tausiyahnya.meliputi para Hakim dan pimpinan Pengadilan Agama Pati dan harus dikuti oleh suluruh  pejabat fungsional dan struktural dilingkungan PengadilaN Agama Pati dan sedlutruh karyawan /ti .

 

Kunjungan istimewa dari Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama di Pengadilan Agama Pati

12 Apr

8
Written by Super User

Hari Kamis tanggal 08 April 2021 di Pengadilan Agama Pati mendapat kunjungan istimewa dari Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag, Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H beserta tim. Kunjungan Ibu Direktur beserta tim bertujuan untuk melaksanakan assesmen surveillance atas putusan para Hakim di Pengadilan Agama Pati terhadap hak perempuan yang berhadapan dengan hukum dan nafkah anak pasca perceraian.

 

Disela sela kegiatan assesmen surveillance Ibu Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H menyempatkan waktu untuk melakukan pembinaan terhadap seluruh aparatur Pengadilan Agama Pati di ruang Media Center. Pembinaan dimaksudkan agar seluruh aparatur Pengadilan Agama Pati meningkatkan integritas, kinerja dan komitmen dalam rangka menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bebas Melayani). Pengadilan Agam Pati harus melakukan inovasi yang menyentuh masyarakat, contoh sederhananya PTSP harus ditempatkan satu orang petugas yang bisa melayani semuanya, tutur “Ibu Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H.”

 

Kegiatan pembinaan ditutup oleh Ketua Pengadilan Agama Pati Drs. H. Tahrir dengan slogan “Semangat Pagi” dan doa agar bisa meraih WBBM (Wilayah Birokrasi Bebas Melayani) di tahun 2021  . Rangkaian Kegiatan kunjungan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag beserta tim diakhiri dengan sesi foto bersama di depan Gedung Pengadilan Agama Pati.

 

Pengamatan Rukyatul Hilal Ramadhan 1442 H

12 Apr

9
Written by Super User

Kegiatan ru'yatul hilal utk memastikan awal ramadlan 1442H bersama BHRD Kabupaten Pati, dilaksanakan di bukit yg ketinggiannya 126 diatas permukaan laut, bukit yg berada di kawasan Kecamatan Sukolilo (sisi Pati bagian Selatan) Kec. Pati. Tim ru'yat belum beruntung karena tdk dapat melihat hilal baru diakhir bulan Sya'ban disebabkan cuaca yg tdk mendukung, awan sebelum matahari terbenam cukup mengganggu dan menghalangi pandangan munculnya hilal.

Pendampingan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK Pengadilan Agama Koordinator Wilayah Pati

29 Mar

6
Written by Super User

Pendampingan dilakukan oleh Tim Asistensi dari PTA Semarang diikuti oleh seluruh satker Koordinator Wilayah Pati

Peta Lokasi


Hubungi Kami


Telpon : (0295) 384418
Handpone : 085 807 137 122
Fax : (0295) 384418
Website : www.pa-pati.go.id
E-Mail : pa_pati1@yahoo.co.id
Alamat : Jl. P Sudirman No. 67, Pati kodepos. 59112 

Tautan Web


Mahkamah Agung RI  Mahkamah Agung
  Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Agama  Pengadilan Tinggi Agama
  Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Pengadilan Negeri Pati  Pengadilan Negeri Pati
  Pengadilan Negeri Pati

Posbakum  Kejaksaan
  Kejaksaan RI

Posbakum  Pemerintah Daerah
  Pemda Pati

cpns