features Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)

banner1 small   banner2 small   banner3 small

 

Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)

21 Oct

Written by Super User

Pengadilan Agama Pati mempunyai kedudukan dan peran strategis dalam melaksanakan prioritas pertama RPJMN 2015-2019 yaitu reformasi birokrasi dan tatakelola. Untuk itu, seluruh program kerja Pengadilan Agama Pati didasarkan pada tujuan, sasaran strategis dan target kinerja yang telah ditetapkan baik pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 Mahkamah Agung Republik Indonesia, Kontrak Kinerja Pengadilan Agama Pati dengan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah, serta Rencana Strategis (Renstra) Pengadilan Agama Pati Tahun 2015-2019 secara konsisten, terus menerus dan berkesinambungan.

Pengadilan Agama Pati telah menetapkan 7 (tujuh) sasaran strategis yang akan dicapai dalam tahun 2017. Ketujuh sasaran strategis tersebut selanjutnya diukur dengan mengaplikasikan 21 indikator kinerja dan 21 target kinerja.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa dari tujuh sasaran strategis yang ditetapkan dalam Perjanjian Kinerja Tahun 2017, terdapat beberapa Sasaran Strategis yang berhasil dilaksanakan dengan baik, hanya masih ada yang capaianya dibawah 76% yakni: prosentase penurunan jumlah sisa perkara, dan perkara yang diselesaikan melalui mediasi. Hal ini dikarena memang jumlah hakim yang jika dibandingkan dengan rasio beban perkara masih sangat tinggi yakni 1:583.

Secara keseluruhan, tingkat pencapaian kinerja Pengadilan Agama Pati adalah sebesar 100,4%. Perincian capaian kinerja masing-masing indikator tiap sasaran strategis tersebut dapat dilihat pada tabel berikut:

  SASARAN 1      
INDIKATOR UTAMA TARGET REALISASI

CAPAIAJ

(%)

 
Terwujudnya Proses Peradilan Yang Pasti, Transparan dan Akuntable
  1. Prosentase Sisa Perkara Yang Diselesaikan
80% 99,85% 124,81  
  1. Prosentase perkara yang diselesaikan tepat waktu
80% 82,74% 103,42  
  1. Prosentase Penurunan sisa perkara
35% 20,79% 59,4  
  1. Prosentase perkara yang tidak mengajukan upaya hukum:
       
-          Banding 90% 99,39% 110,43  
-          Kasasi 90% 61,53% 68,37  
-             PK 90% 100% 111,11  
  1. Index responden pencari keadilan yang puas terhadap layanan peradilan
80 79,70 99,63  
Rata-rata capaian sasaran strategis 96,74  
SASARAN 2  
INDIKATOR UTAMA TARGET REALISASI

CAPAIAJ

(%)

 
Peningkatan Efektifitas Pengelolaan Penyelesaian Perkara
  1. Prosentase Isi Putusan yang diterima oleh para pihak tepat waktu
80% 63,71% 79,64  
  1. Persentase Perkara yang diselesaikan melalui mediasi
1% 0,28% 28  
  1. Persentase berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi dan PK yang diajukan secara lengkap dan tepat waktu
90% 88,88% 98,76  
  1. Persentase putusan yang menarik perhatian masyarakat (ekonomi syariah) yang dapat diakses secara online dalam waktu 1 hari sejak diputus
80% 100% 125  
Rata-rata capaian sasaran strategis 82,85  
SASARAN 3  
INDIKATOR UTAMA TARGET REALISASI

CAPAIAJ

(%)

 
Meningkatnya Akses Peradilan bagi Masyarakat Miskin dan Terpinggirkan
  1. Persentase Perkara Prodeo yang diselesaikan
80% 100% 125  
  1. Persentase Perkara yang diselesaikan diluar Gedung Pengadilan
80% 84,29% 105,36  
  1. Persentase Perkara Permohonan (Voluntair) Identitas Hukum
100% 95,43% 95,43  
  1. Persentase Pencari Keadilan Golongan Tertentu yang mendapat Layanan Bantuan Hukum (Posbakum)
100% N/A N/A  
Rata-rata capaian sasaran strategis 108,59  
  SASARAN 4      
INDIKATOR UTAMA TARGET REALISASI

CAPAIAJ

(%)

 
Meningkatnya Kepatuhan terhadap Putusan Pengadilan
Persentase Putusan Perkara Perdata yang ditindaklanjuti (dieksekusi) 90% 75,04% 83,37  
Rata-rata capaian sasaran strategis 83,37  
  SASARAN 5      
INDIKATOR UTAMA TARGET REALISASI

CAPAIAJ

(%)

 
Meningkatnya pelaksanaan pengawasan kinerja aparat peradilan secara optimal
Prosentase jumlah pengaduan dan temuan yang ditindaklanjuti 90% 100% 100  
Persentase pengaduan yang selesai ditindaklanjuti dan dipublikasikan 50% 100% 100  
Rata-rata capaian sasaran strategis 100  
  SASARAN 6      
INDIKATOR UTAMA TARGET REALISASI

CAPAIAJ

(%)

 
Terwujudnya transparansi pengelolaan SDM lembaga peradilan
Persentase pegawai yang telah mendapatkan pengembangan kompetensi 20% 10,71% 53,55  
Rata-rata capaian sasaran strategis 83,37  
  SASARAN 7      
INDIKATOR UTAMA TARGET REALISASI

CAPAIAJ

(%)

 
Meningkatnya pengelolaan manajerial lembaga peradilan secara akuntabel, efektif dan efisien
Prosentase terpenuhinya kebutuhan standar sarana dan prasarana yang mendukung peningkatan pelayanan prima 80% 95,23% 119  
Persentase peningkatan produktifitas kinerja SDM (SKP dan Penilaian Prestasi Kerja) 85% 96,87% 113,97  
Persentase tercapainya target kegiatan prioritas yang mendukung pelayanan prima peradilan 75% 100% 130  
Meningkatnya Transparansi Pengelolaan Keuangan dan aset 80% 98,22% 122,78  
Rata-rata capaian sasaran strategis 121,43  

Adapun LKjIP Pengadilan Agama Pati bisa dilihat berikut ini:

LKjIP Pengadilan Agama Pati Tahun 2015

LKjIP Pengadilan Agama Pati Tahun 2016

LKjIP Pengadilan Agama Pati Tahun 2017