features Kegiatan Pengadilan

Pengawasan Reguler Oleh PTA Semarang

24 Sep

Pati | pa-pati.go.id

Kamis – Jum’at (22-23/09/2022), selama kurang lebih (dua) hari, telah dilaksanakan Pengawasan Reguler Tahun 2022 oleh Tim Pemeriksa Pengadilan Tinggi Agama Semarang di Pengadilan Agama Pati Tanggal 22-23 September 2022.

Pengawasan reguler ini merupakan pengawasan rutin yang dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang dengan memperhatikan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor KMA/080/SK/VIII/2006 tanggal 24 Agustus 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Lembaga Peradilan dan Nomor 145/KMA/SK/VIII/2007 tanggal 29 Agustus 2007 tentang Memberlakukan Buku IV Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Badan-Badan Peradilan.

1  2

Adapun sistem pengawasan menggunakan Sistem Aplikasi Rindu Pisan (Monitoring Pengaduan Pembinaan dan Pengawasan) khususnya Pengawasan Reguler dan sistem pengawasan pelaporan sesuai Buku IV Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Badan - Badan Peradilan dengan ceklis terlampir untuk dipersiapkan meliputi Bagian Manajemen Peradilan dan Pelayanan Publik; AdmPerkara, Keuangan Perkara, Laporan Perkara, Kearsipan dan SIPP; Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Putusan; Sub Bag Kepegawaian dan Ortala; Sub Bag Umum dan Keuangan; Sub Bag Perencanaan TI dan Pelaporan.

Tim Pengawas terdiri dari Dr. H. Hasanuddin, S.H., M.H. (Ketua Tim), H. Machyat, S.Ag, M.H. (Anggota), Widodo Arif Wicaksono, S.Kom., S.H. (Anggota), Ardani Silvianingrum, S.Psi. (Anggota).

Pada hari pertama dilakukan pemeriksaan pada semua bagian PA Pati mulai dari administrasi umum, kepegawaian hingga kepaniteraan melalui pemeriksaan dokumen, wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik di Media Center PA Pati pukul 09.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Pada hari kedua pukul 08.30 WIB Tim Pengawas PTA Semarang ini meninjau langsung kualitas pelayanan publik PTSP PA Pati dilanjutkan meninjau keadaan sekeliling kantor dan gedung kantor PA Pati mulai dari ruang sidang, Ruang Kepaniteraan, Ruang Kesekretariatan.

Dan sebagai penutup diadakan ekspos hasil pengawasan di Ruang Sidang I Pengadilan Agama Pati pada 23 September 2022, pukul 10.30 WIB dan dihadiri oleh Hakim, Pejabat Kepaniteraan, Pejabat Kesekretariatan, Karyawan/Karyawati, dan Tenaga Honorer/Pengabdian.

Acara ini dibuka oleh Ketua PA Pati Drs. Malem Puteh, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Hakim Tinggi PTA Semarang Dr. H. Hasanuddin, S.H., M.H. selaku Ketua Tim Pengawas yang telah melakukan pembinaan dan pengawasan di PA Pati selama dua hari ini. “Kami siap menerima apapun hasil dari pengawasan ini, semoga menjadi bekal untuk PA Pati agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.” Tutur Ketua PA Pati

5  6

Dalam Ekspose tersebut Ketua Tim Pengawas Dr. H. Hasanuddin, S.H., M.H. mengawali pemaparan dengan memberikan apresiasi bahwa keseluruhan sudah bagus, manajemen peradilan hingga kualitas pelayanan publik dan terimakasih kepada Ketua beserta seluruh aparatur PA Pati atas kinerja yang sudah bagus, sarana prasarana bagus, kantor bagus dan kinerja yang baik dalam mengimplementasikan program-program Badilag Mahkamah Agung RI maupun kebijakan-kebijakan PTA Semarang meskipun ada sedikit temuan dari hasil pengawasan agar segera ditindaklanjuti oleh seluruh aparatur PA Pati.

Sementara itu dalam bidang Kepaniteraan disampaikan oleh H. Machyat, S.Ag, M.H. bahwa administrasi perkara sudah baik dan perlu ditingkatkan lagi. Tetapi masih ada temuan-temuan yang harus segera ditindaklanjuti untuk diperbaiki.

Dilanjutkan oleh Ardani Silvianingrum, S.Psi. menyampaikan terkait adminitrasi persidangan dan Widodo Arif Wicaksono, S.Kom., S.H. menyampaikan hasil pengawasan Bidang Kesekretariatan

Sebelum mengakhiri kegiatan ini dilakukan penyampaian yel-yel PA Pati bersama-sama yang juga diikuti oleh Tim Pengawas PTA Semarang.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan dokumen hasil pemeriksaan dari Ketua Tim Pengawas Dr. H. Hasanuddin, S.H., M.H. kepada Ketua. Pati Drs. Malem Puteh, S.H., M.H. guna dilakukan perbaikan.

“Secara umum kami apresiasi, menghargai dan sangat bangga atas kinerja aparatur PA Pati” tegas Ketua Tim Pengawas dalam menutup kegiatan tersebut.

Apel Senin Pagi 19 September 2022

19 Sep

Pati | pa-pati.go.id

Senin (19/9/2022) Bertempat di Halaman PA Pati, Pimpinan serta seluruh aparatur melaksanakan apel pagi untuk memulai kegiatan minggu keempat bulan September.

Petugas dalam kegiatan apel yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 - 08.15 WIB tersebut adalah Ainurrofiq (PPNPN) yang bertugas sebagai komandan apel dan Dian Rizky Marita, A.md (CPNS Pengelola Barang Milik Negara) bertugas sebagai pembawa acara, serta Wakil PA Pati, H. Zumrowi, S.Ag., M.H. bertindak sebagai pembina apel.

Dalam pembinaannya beliau menyampaikan beberapa hal yang menjadi agenda untuk beberapa waktu ke depan.

IMG 20220919 WA0000  IMG 20220919 WA0001

Yang pertama, berkaitan dengan akan adannya pengawasan regular dari PTA Semarang pada tanggal 22-23 September 2022. Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh bagian yang berkaitan dengan obyek pengawsan untuk menyiapkan segala sesuatunya secara maksimal meskipun nantinya tetap akan ada temuan atau kesalahan, akan tetapi temuan atau kesalahan itu nantinya tidak begitu banyak sehingga untuk menindaklanjutinya nanti mudah.

Yang kedua terkait pemenuhan eviden akreditasi penjaminan mutu (APM) yang batas akhirnya tanggal 30 September 2022, terdapat penambahan dokumen yang semula  hanya 165 pada tahun 2021, untuk tahun 2022 ini bertanbah menjadi 274 eviden, oleh karena itu diharapkan kepada seluruh Tim APM untuk dapat segera melengkapi kekurangan tersebut.

IMG 20220919 WA0003  IMG 20220919 WA0004

Yang ketiga terkait jamaah sholat, diharapkan saat waktunya sholat seluruh aparatur PA Pati untuk dapat melaksanakan sholat secara berjamaah bagi yang tidak sedang berhalangan.

Apel pagi di tutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Aridlin, S.H. yang merupakan Hakim Pengadilan Agama Pati.

Rapat Koordinasi Pengadilan Agama Se - Korwil Pati

16 Sep

PA Pati | pa-pati.go.id

Kamis (16/09/2022)

Bertempat di Pengadilan Agama Rembang Ketua Pengadilan Agama Pati Drs. Malem Puteh, S.H., M.H., Panitera Muhammad Salafudin, S.Ag., M.H. dan Sekretaris Wifkil Hana, S.E., M.E. menghadiri Rapat Koordinasi Pengadilan Agama Se - Korwil Pati.

Acara Rapat Koordinasi ini dihadiri seluruh pimpinan meliputi Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se - Koordinator Wilayah Pati.

Sosialisasi pendataan tenaga non ASN

16 Sep

Pati | pa-pati.go.id

Jum'at (16/09/2022)

Bertempat di ruang media center Pengadilan Agama Pati, Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Siti Badiroh, S.H.I. mengikuti acara sosialisasi pendataan tenaga non ASN di lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya bersama beberapa tenaga non ASN Pengadilan Agama Pati.

Acara di laksanakan secara virtual pada pukul 13.30 WIB - 15.30 WIB

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama Dengan MPP

15 Sep

Kamis (15/09/2022), Pengadilan Agama Pati melaksanakan Penandatangan Nota Kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Pati tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pati. Penandatanganan dilakukan Ketua Pengadilan Agama Pati Drs. Malem Puteh, S.H., M.H. dan Pj. Bupati Kabupaten Pati Henggar Budi Anggoro, S.T., M.T.

Kegiatan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Pati. Dari Pemkab Pati dihadiri Setda, Kepala DMPPTSP, Kabid Perijinan DMPPTSP, sedangkan dari Pengadilan Agama Pati dihadiri Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan.

Pj. Bupati Pati mengharapkan nota kesepakatan ini tidak hanya sekedar di atas kertas tapi dapat dilaksanakan untuk kelanjutannya. Berkat kerjasama ini, Pengadilan Agama Pati dapat membuka pelayanan di Mal Pelayanan Publik. Ketua PA Pati berharap penandatanganan nota kesepakatan ini akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan PA Pati.

MPP Kabupaten Pati merupakan etalase layanan publik yang berada di satu tempat, dengan memadukan pelayanan dari Pemerintah pusat, daerah, BUMN maupun BUMD, dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menyatukan 305 layanan perizinan dalam 22 gerai yang terdiri dari 13 OPD dan 9 instansi.

PA Pati "PASTI" : Profesional Amanah Sinergi Transparan Inovativ

visit our social media
web : www.pa-pati.go.id
facebook : PA Pati
instagram : @info.pa.pati
twitter : @PA_PatiOfficial
tiktok : @pa.pati_1a
youtube : PA Pati

@humasmahkamahagung
@ditjen.badilag
@ptasemarang
@pemkabpati_

#mahkamahagung #badilag #papati #pasti #berakhlak #pengadilan #pengadilanagama #wbk #wbbm #ptasemarang #pati #infopati #wbk #wbbm #zi #zonaintegritas

Subcategories

Peta Lokasi


Hubungi Kami


Telpon : (0295) 384418
Handpone : 085 807 137 122
Fax : (0295) 384418
Website : www.pa-pati.go.id
E-Mail : pa_pati1@yahoo.co.id
E-Mail Delegasi : delegasi.papati@gmail.com
Alamat : Jl. P Sudirman No. 67, Pati kodepos. 59112 

Tautan Web


Mahkamah Agung RI  Mahkamah Agung
  Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Tinggi Agama  Pengadilan Tinggi Agama
  Pengadilan Tinggi Agama Semarang

Pengadilan Negeri Pati  Pengadilan Negeri Pati
  Pengadilan Negeri Pati

Posbakum  Kejaksaan
  Kejaksaan RI

Posbakum  Pemerintah Daerah
  Pemda Pati

cpns